Bantuan PKH Tahap 4 Cair November Ini
Kapan Bantuan PKH Tahap 4 Cair?

Sosial, Bjorak.com – Kabar gembira bagi para KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH, karena bantuan PKH Tahap 4 akan segera cair pada Bulan November 2022 mendatang.

Sebagaimana pesan tersirat yang diungkapkan oleh Plt. Dirjen Linjamsos Robben Rico (Direktorat yang membidangi Program Keluarga Harapan) dalam kegiatan Bimtek SDM PKH, dengan topik Peningkatan Kapasitas Pilar-Pilar Sosial dan Penyerahan Bantuan Sosial di Provinsi Jawa Timur (kemensos.go.id – 30/10).

“Terakhir pesan saya, saudara harus mengawal pencairan bantuan sosial PKH Tahap IV Tahun 2022 di bulan November. Pastikan penyalurannya dapat dirasakan manfaatnya oleh KPM dengan memastikan bantuan tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu,” Tegas Robben (29/10).

Jadwal Bantuan PKH Tahap 4 Cair November Ini (5)

Baca Juga : Kemenaker Memberikan BSU untuk Tenaga Kerja

Terjadi pluktuasi jumlah penerima karena adanya data yang terus bergerak sebagai konsekwensi Pusdatin Kemensos melakukan update data DTKS setiap bulan. Perlu diingat juga bahwasanya data Pusdatin Kesos telah terintegrasi dengan data Adminduk yang ada di Disdukcapil Kemendagri.

Dalam kesempatan yang sama, Hadir pula Wakil Komisi VIII DPR Laksdya. TNI (Purn) Moekhlas Sidik, ia menekankan agar SDM PKH ikut memastikan masalah yang selama ini kerap ditemukan, yakni data penerima PKH di desa yang kurang sinkron dengan Kemensos. “Saya minta anda bisa meningkatkan akurasi data , sehingga bantuan sosial bisa tepat sasaran,” katanya.

Di lain pihak, Moeklas juga masih mendapatkan laporan bahwa ada pihak yang sudah memenuhi syarat namun belum menerima bantuan. Atau sebaliknya, tidak memenuhi syarat namun menerima bantuan.

“Ada orang meninggal namun masih dicantumkan namanya. Saya minta bapak/ibu bekerja lebih keras memastikan akurasi data,”katanya.

Pada dasarnya permasalahan itu muncul sebagai bentuk konsekwensi update data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dari tingkat Desa/Kelurahan yang selanjutnya disampaikan ke tingkat Kabuaten terkesan lambat oleh sebab pengajuannya yang masih ofline dalam rentang 3 bulan sekali.

Kriteria Penerima Manfaat PKH

Program Keluarga harapan adalah adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai hajatan pemerintah dalam program keluarga harapan ini adalah untuk menekan dan mengurangi resiko kematian pada Ibu Hamil, Kematian akbiat gizi buruk/ stunting pada Anak, mengurangi angka putus sekolah pada anak usia sekolah serta penelantaran, melindungi hak disabilitas berat, serta melindungi hak social usia lanjut.

Kriteria Penerima Bantuan PKH Tahap 4 Cair November Ini (4)

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat miskin dalam suatu keluarga untuk dapat menerima bantuan PKH diantaranya harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

Memiliki Komponen Kesehatan

1. Ibu Hamil

Ibu hmil yang dimaksudkan disini adalah Ibu hamil adalah maksimal 2 kali kehamilan.

2. Anak Usia Dini

Anak usia dini yang dimaksudkan adalah anak usia 0 Tahun sampai dengan 6 tahun atau hingga menjelang masuk Sekolah, termasuk juga anak Usia dini yang ada di PAUD/TK

Meiliki Komponen Pendidikan

Yang termasuk dalam kategori Anak Usia SD/Sederajat adalah anak usia 6 hingga 21 Tahun sesuai dengan kewajaran jenjang pendidikan mereka yang belum menyelsaikan wajib belajar 12 tahun, diantaranya adalah :

  1. Anak Sekolah Usia SD/Sederajat
  2. Anak Sekolah Usia SMP/Sederajat
  3. Anak Sekolah Usia SMA/Sedarajat

Komponen Kesejahteraan Sosial

  1. Lanjut Usia

Lanjut usia yang dimaksudkan disini adalah orang tua/ masyarakat lanjut usia yang memiliki uisia 60 Tahun Keatas yang sebelumnya 70 tahun keatas, maksimal 1 orang dan berada dalam keluarga, maksudnya adalah bukan lanjut usia tunggal yang tidak memiliki anggota keluarga lain dalam keluarga tersebut.

2. Disabilitas Berat

Penyandang disabilitas yang termasuk kedalam kategori ini adalah mereka pada penyandang disabilitas fisik (tuna daksa) dan penyandang disabilitas mental.

Besaran Nominal Bantuan PKH Tahap 4

  1. Ibu hamil               : Rp. 750.000,-/ Tahap
  2. Anak usia dini       : Rp. 750.000,-/ Tahap
  3. SD                            : Rp. 225.000,-/ Tahap
  4. SMP                         : Rp. 375.000,-/ Tahap
  5. SMA                         : Rp. 500.000,-/ Tahap
  6. Disabilitas berat    : Rp. 600.000,-/ Tahap
  7. Lanjut usia             : Rp. 600.000,-/ Tahap

Mekanisme Penetapan Calon KPM PKH (Melalui DTKS)

Mekanisme penetapan calon penerima Bantuan PKH Tahap 4 Cair November Ini (6)

  1. Warga miskin mendaftarkan diri ke Balai Desa/ Kelurahan dengan membawa kelengkapan adminduk (KTP dan KK) terbaru dan telah dikonsolidasi.
  2. Kepala Desa/Lurah menyampaikan data pendataan ke Bupati/Walikota melalui camat setelah melalui proses Musyawarah Desa/ Musyawarah Kelurahan.
  3. Dinas Sosial setempat melakukan verifikasi dan validasi data pendaftaran rumah tangga.
  4. Bupati/Walikota menyampaikan hasil verifikasi dan validasi ke Kemeterian Sosial melalui Gubernur
  5. Penetapan Data Terpadu Kesejahrteraan Ssosial
  6. Validasi data untuk mencocokan data calon KPM yang memenuhi kriteria oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga

Hak dan Kewajiban KPM PKH

  1. Hak
    1. KPM PKH berhak mendapatkan bantuan social PKH
    2. KPM PKH berhak mendapatkan Pendampingan (Mediasi, Fasilitasi, dan Advokasi) atas Program PKH tersebut
    3. KPM PKH berhak mendapatkan Pelayanan pada fasilitas kesehatan, pendidikan dan atau kesejahteraan social
    4. Mendapatkan program bantuan Komplementer seperti BPN, KIP, PBI-KIS, Subsidi Listrik, Subsidi Gas dan sejenisnya.
  2. Kewajiban
  • KPM PKH Wajib memerikasakan kesehatan keluarganya pada fasilitas kesehatan yang tersedia
  • KPM PKH Wajib Mengikuti belajar mengajar pada sesi pertemuan bulanan yakni FDS (Family Development Sesion) atau P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga)
  • KPM PKH Wajib Mengikuti kegiatan kesejahteraan sosial
KPM PKH Setelah menyelesaikan kewajiban Pertemuan Kelompok P2K2
KPM PKH Setelah menyelesaikan kewajiban Pertemuan Kelompok P2K2

Mengapa Bantuan PKH Tidak Masuk?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bantuan PKH tidak masuk pada KPM PKH meskipun pada tahap sebelumnya atau tahun sebelumnya bantuan tetap masuk, diantaranya adalah :

  1. KPM Meninggal Dunia

Hal utama yang menjadi penyebab terjadinya bantuan KPM tidak masuk adalah pengurus dari suatu keluarga KPM meninggal dunia, untuk itu segeralah minta Pendamping anda untuk melakukan pemutakhiran data dengan melakukan pergantian pengurus melalui SIKS-NG yang sbeleumnya menggunakan EPKH

  1. Data Tidak Padan Dukcapil

Sering kali KPM mengeluhkan bahwa bantuannya dalam beberapa tahap tidak masuk, namun setelah dicek pada data SIKS-NG bahwasanya data adminduk KPM tersebut tidak padan dengan keterangan Dobel NIK, NIK Tidak Padan, Non Aktif Meninggal, Non Aktif NIK Nama Ganda, dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, KPM harus melakukan proses konsoldiasi ke Dukcapil dan setelah itu melakukan proses pendaftaran ulang ke Balai Desa/kelurahan.

  1. Tidak memenuhi Syarat

Maksudnya adalah KPM PKH sudah tidak memenuhi kriteria lagi sebagai penerima manfaat PKH berdasarkan hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh Kemeterian social maupun berdasarkan hasil keputusan Musyawarah Desa atau Kelurahan

4. Tidak Memenuhi Kewajiban PKH

Kewajiban yang dimaksudkan disini adalah diantaranya tidak mengikuti kegiatan posyandu, anak jarang masuk sekolah atau sekolah tempat anak KPM bersekolah belum terakkreditasi sehingga tidak tedaftar di Dapodik.

Demikian Informasi mengenai Bantuan PKH Tahap 4 yang akan disalurkan pada Bulan November 2022, semoga informasi ini bermanfaat. Jika ada hal yang kurang jelas dapat anda tanyakan melalui kolom komentar

Comments

Leave a Reply