Rudal Nyasar Ke Polandia, NATO Minta Rusia Tanggung Jawab
Rudal Nyasar Ke Polandia, NATO Salahklan Rusia

Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO, telah menanggapi serius terkait adanya rudal yang diduga milik Rusia nyasar ke polandia.

Menurut laporan itu, ledakan di Polandia mungkin terjadi karena sistem anti-pesawat Ukraina disusupi. Namun, dia terus menegaskan bahwa Rusia memiliki “tanggung jawab utama” terhadap bahaya tersebut.

Berita Rusia Bantah Rudal Nyasar Ke Polandia, Sumber Kompas Tv

“Serangan orang dalam masih berlangsung, dan kami perlu memantau hasilnya. Tetapi kami tidak memiliki indikasi bahwa ini adalah hasil dari serangan yang sedang berlangsung,” kata Stoltenberg setelah mengambil alih kendali seluruh tim pimpinan NATO pada 16 November 2022, seperti dilaporkan oleh AFP.

“Analisis pertama kami menunjukkan bahwa ancaman orang dalam ini kemungkinan merupakan hasil dari pertahanan udara Ukraina yang didukung Rusia yang dilakukan untuk melindungi wilayah Ukraina dari invasi militer yang didukung Rusia.

Rupanya, ini bukan masalah Ukraina. Sampai sekarang, Ukraina hanya ingin mempertahankan diri dari udara Rusia.

Senada, Polandia telah menyatakan bahwa rudal nyasar yang menewaskan dua orang di sebuah desa dekat perbatasan dengan Ukraina mungkin disebabkan oleh serangan rudal udara Ukraina yang diluncurkan dari Rusia.

Andrzej Duda, presiden Polandia, memperingatkan bahwa masyarakat internasional akan lebih terpengaruh oleh konflik di Ukraina karena “tidak ada indikasi bahwa ini adalah masalah Polandia.”

Duda menegaskan bahwa “sangat mungkin” Uni Soviet digulingkan oleh Ukraina dalam apa yang dia sebut sebagai “kecelakaan yang tidak menguntungkan”, tetapi dia juga menegaskan bahwa Rusia mengalami ketegangan yang parah akibat permusuhannya terhadap Ukraina.

Dikutip dari Tempo.co (16/11) “Dari informasi yang kami dan sekutu kami miliki, itu adalah roket S-300 buatan Uni Soviet, roket tua dan tidak ada bukti bahwa itu diluncurkan oleh pihak Rusia,” kata Presiden Polandia Andrzej Duda. “Sangat mungkin bahwa itu ditembakkan oleh pertahanan anti-pesawat Ukraina.”

Stoltenberg juga mengatakan kemungkinan rudal pertahanan udara Ukraina yang nyasar ke Polandia.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan Warsawa mungkin tidak perlu mengaktifkan Pasal 4 perjanjian NATO, yang menyerukan konsultasi ketika negara anggota menganggap keamanannya terancam.

 

Comments

Leave a Reply